Sabtu, 15 September 2012

Kipas Laptop Mati / Error system fan (908)

    Pagi-pagi nyalain Laptop, tp kok ada yang aneh,,, pas mau start ada pesan Begini:
 Cooling fan not operating correctly hp .. bla.,. bla..blaa

 error system fan (908)

Lansung jantung ku berdegup kencang, pikiran gak karuan,, hihihih,, (kayak lagu Type-X).
Namun di pesan tersebut kita boleh menekan enter untuk melanjutkan, namun resikonya nanti windows-nya bakal shutdown otomatis, bahkan bisa mengakibatkan "Damage" katanya, alias kerusakan yang lebih parah mungkin.

Laptopnya gak canggih amat sih, HP 430 core i3

Aku sih Lanjut aja tekan tombol enter, dan lansung mebuka Google, lansung menuju webset HP.
Gak puas, aku cari di forum-forum lain. Ternyata pesan "error system fan 908" disebabkan karena Fan laptop gak berfungsi. Aku baru sadar setelah fan external dimatiin dan ternyata fan internal (fan bawaan) emank tidak berputar sama sekali. 

Solusi:

Aku pikir fan nya rusak atau kabelnya putus, tapi sebelum di kirim ke "Service Center" mending kita cari dulu solusi sendiri knapa tidak...!!!

1.
Matiin laptop dan colek fan pakai jarum, kalau bisa cari jarum pentul, jaga-jaga kalau lepas jadi jarumnya tidak masuk ke dlm laptop.

2.
Ketika mencolek fan putar searah jarum jam, jika fan terasa berat berarti fan nya berdebu. Putar terus Perlahan sampai terasa lebih ringan.

3.
Tiup fan pas di lobang pembuangan udara, lebih bagus lagi fan dibersihin menggunakan Vackum Cleaner.

4.
Nyalakan kembalikan laptop, dan dengarkan apakah fan sudah berputar, jika sudah berputar kencang kembali, dipastikan 
"error system fan (908)" 
tdak akan muncul lagi saat laptop dinyalakan.

Semoga Membantu ya, ini pengalaman Pribadi, jika pada Laptop anda cara ini tidak bekerja, sebaiknya dibawa ke Service Center lansung. 


28 komentar:

  1. terimakasih tipsnya. laptop saya tiba tiba fannya mati. setelah saya congkel pake jarum, langsung nyala lagi :D

    BalasHapus
  2. mohon info, yang dicolek itu apanya gan. soalne kipas laptop gua juga mati.
    thanks.

    BalasHapus
  3. apa harus dibongkar dulu bang?

    BalasHapus
  4. makasih banget bos, laptop gw berhasil, gak perlu di bongkar, tinggal di tusuk2 kipasnya pake jarum supaya kipasnya gerak ke arah jarum jam. sekali lagi makasih

    BalasHapus
  5. Kalau saya beli cooling fan portable apa berpengaruh soalnya laptop saya kasusnya juga begini, cooling fan internalnya rusak
    agak takut soalnya kalo bawa ke tukang service'-'

    BalasHapus
  6. Cooling fan portable sih gak maksimal gan... Klo cooling internal kan posisinta lebih dkt k proseseir
    Sementara yg portable cm untuk membantu

    BalasHapus
  7. Luar biasa gan, langsung lancar jaya, makasih gan.

    BalasHapus
  8. makasih gan. laptop ane sukses berputar lagi fan-nya. thanks gan

    BalasHapus
  9. Colokin langsung dari luar ya gan ?

    BalasHapus
  10. letak cooling fan nya di mana gan ?

    BalasHapus
  11. Mantap gan..caranya berhasil..kebetulan laptop saya juga tipe HP 430,,tinggal mengatasi overheat nya itu klw main game -_-

    BalasHapus
  12. Sukses gaaaaan makasih banyak ya gaan, ,

    BalasHapus
  13. Wow terima kasih pak tipsnya berhasil nih

    BalasHapus
  14. sangat membantu sekali dan bermanfaat informasi nya :)
    cek sewalaptop.id /rentalsewalaptop.info jika membutuhkan jasa persewaan laptop
    terima kasih :)

    BalasHapus
  15. Nice info gan... Saya ikutin tutorialnya pada laptop compaq cq42 dan 100% work

    BalasHapus
  16. Nice info gan... Saya ikutin tutorialnya pada laptop compaq cq42 dan 100% work

    BalasHapus
  17. Terima kasih gan! Beneran work 1000%

    BalasHapus
  18. Gan laptop ane gk mau nyala,pas dinyalain kipas ya hidup trus mati lagi itu knpa y? Solusi ya donkk

    BalasHapus
  19. ITS WORK FOR ME !!!
    Laptop ane juga HP 430 Core i3
    THANKS GAN !

    BalasHapus
  20. Oke ini min, makasih sudah share
    https://www.tokopedia.com/codyonline/etalase/solder-temperatur



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    + HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
    +JASA SERVIS YG PASTI LEBIH CEPAT +

    BalasHapus
  21. gan ane dapet notif seperti itu, terus saya enter lalu saya matikan. setelah itu tidak ada notif lgi, itu normal atau tidak ya?
    tetapi fan laptop saya menyala

    BalasHapus
  22. Makasih gan..bener2 work it..kipas saya muter lagi

    BalasHapus
  23. Mantap. Makasih info nya. Work gan

    BalasHapus
  24. Terima kasih infonya aku tiup ulang ulang nyari pentul nggak dapat, tapi udah hidup dan bunyi suara kipasnya nggak jd bawa kke servis

    BalasHapus

Pengunjung yang baik, pasti berkomentar dengan baik juga.